Mau Tau Cara Alami Atasi Bau Mulut? Ini Tipsnya!

Ramuan Tradisional, Atasi Bau MulutCara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami - Ada beberapa bahan alami yang banyak tersedia di rumah, yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi bau mulut, termasuk  cengkeh, kemiri, lemon, peterseli, mint, kemangi, kapulaga, biji adas, kayu manis, apel, wortel, buah pir, mint, cuka sari apel, dan baking soda. Bau mulut merupakan kondisi klinis, di mana seorang individu bermasalah dengan napas yang berbau tak sedap. 

Kondisi yang bisa membuat krisis percaya diri ini bisa didasari oleh beberapa hal, termasuk masalah pencernaan, diet, dehidrasi, ulkus lambung, dan intoleransi susu, dan mungkin juga karena gangguan klinis seperti penyakit periodontal, sinus dan gangguan pernapasan. Hal ini ditandai dengan mulut terasa kering, rasa tidak enak pada mulut (yang biasanya ditandai dengan rasa asam atau pahit dengan bau yang tak sedap), dan lidah yang tertutupi oleh lapisan lendir.

Kondisi bau mulut yang parah adalah ketika bau mulut tidak bisa hilang, bahkan setelah menyikat gigi dan berkumur secara teratur. Hal ini disebut dengan bau mulut kronis, namun secara sederhana kondisi ini bisa disembuhkan dengan jalan menggunakan pengobatan alami dirumah.

Bau mulut, adalah suatu kondisi di mana bau busuk yang keluar dari mulut seseorang bersama dengan nafas yang keluar. Hal ini tidak hanya bisa merusak kesan pertama, tetapi juga bisa merusak interaksi publik dan pekerjaan, yang mengarah ke perasaan rendah diri. Secara ilmiah, kondisi ini dikenal dengan nama halitosis, dan itu bisa menjadi sebuah manifestasi dari berbagai macam gangguan kesehatan dalam tubuh. Makanan-makanan tertentu bisa memicu bau mulut, terutama bawang merah, bawang putih, petai, dan bumbu-bumbu. 

Menurut MayoClinic, diet yang salah juga bisa mengembangkan bau yang tidak sedap akibat kerusakan kimiawi tertentu dalam tubuh. Setelah berkumur atau menyikat gigi, bau mulut biasanya akan menghilang, akan tetapi dalam kasus bau mulut yang kronis atau persisten, bau mulut masih akan terus berlanjut.

Berikut ini adalah cara alami untuk mengatasi bau mulut:

Hazelnut
Pada saat dikunyah secara perlahan-lahan, hazelnut bisa menyerap bau mulut.

Lemon
Satu sendok lemon dengan sedikit garam bisa menghilangkan bau nafas tak sedap akibat makan bawang putih atau bawang merah. Ini merupakan cara yang mudah dan efektif untuk bau mulut. Selain itu, cara ini juga membuat nafas Anda terasa segar setelah makan-makanan berat atau pedas.

Cengkeh
Cengkeh memiliki sifat antiseptik yang sangat kuat. Anda bisa mengambil 3 atau 4 biji, kemudian dididihkan dengan secangkir air sampai terekstraksi. Setelah itu airnya disaring dengan saringan yang halus, dan digunakan untuk berkumur secara rutin.

Peterseli, Mint, dan Kemangi
Peterseli, mint, dan daun kemangi bisa dikunyah karena bisa mengurangi produksi gas dalam usus, sehingga akan membuat nafas menjadi segar untuk beberapa waktu.

Kapulaga
Kapulaga seringkali dikunyah setelah makan. Hal ini akan menghasilkan minyak dan meningkatkan rasa segar pada mulut Anda. Ini merupakan obat alami yang sederhana untuk mengatasi bau mulut.

Biji Adas
Biji adas bisa digunakan langsung, atau digiling menjadi bubuk untuk digunakan menyikat gigi agar nafas menjadi segar. Ekstrak kapulaga ini juga bisa diterapkan di lidah dan gusi.

Kayu Manis
Kayu manis akan menyerap bau belerang dari bawang putih dan bawang merah dalam mulut selama beberapa waktu sampai sepenuhnya hilang.

Apel, Wortel, dan Pir
Apel, wortel, dan pir adalah makanan yang kaya serat. Buah-buahan ini seperti menghasilkan air liur saat dikunyah, serta membantu menggosok gigi saat dikunyah.

Mint
Daun mint bisa menetralisir bau mulut dan memberikan kesegaran dalam mulut. Inilah sebabnya mengapa mint banyak digunakan untuk sebagian besar produk pasta gigi dan obat kumur.

Cuka Sari Apel
Satu sendok cuka sari apel bisa diminum bersama dengan segelas air sebelum makan, untuk meningkatkan pencernaan.

Baking Soda
Gigi bisa disikat dengan menggunakan sejumput baking soda. Hal ini akan mengurangi keasaman dalam mulut, yang akhirnya bisa meningkatkan bau napas Anda.

Seiring dengan menggunakan cara alami untuk mengatasi mulut bau diatas, kebersihan mulut yang tepat harus dilakukan, termasuk tepat waktu membersihkan, berkumur, dan flossing didaerah dimulut Anda. Pemeriksaan gigi harus dilakukan secara berkala untuk mendapatkan gigi yang sehat, bersih dan terjaga. Hal ini akan memberikan Anda rasa percaya diri dengan senyuman lepas.

Related Posts:

0 Response to "Mau Tau Cara Alami Atasi Bau Mulut? Ini Tipsnya!"

Posting Komentar